Tips Packing Praktis Saat Liburan

Liburan identik dengan packing, untuk itu Anda perlu mengetahui tips packing praktis saat liburan. Menyiapkan perlengkapan liburan ke dalam koper, sekilas terkesan mudah. Namun tak semudah kenyataannya. Pengemasan koper yang kurang tepat bisa menghambat kelancaran dan kesenangan liburan Anda. 

tips-packing-praktis-saat-liburan

Untuk itu, siapkan barang-barang untuk ditempatkan dalam koper dengan seksama. Berikut ini beberapa tips packing praktis saat liburan :
  1. Pilih Koper yang Tepat
    Pastikan Anda memiliki koper yang cukup kuat namun tidak berat. Saat ini sudah banyak koper yang terbuat dari bahan aluminium sehingga bobotnya ringan. Jangan lupa memilih koper dengan tuas yang panjang serta empat roda agar memudahkan Anda membawanya.
  2. Kelompokkan Barang
    Sebelum memasukkan barang-barang ke dalam koper, ada baiknya Anda menyiapkan barang tersebut dan dipecah dalam beberapa bagian. Mulai dari pakaian, pakaian dalam, perlengkapan mandi, aksesori hingga obat-obatan.
  3. Urutkan
    Barang-barang yang sebaiknya dimasukkan pertama kali ke dalam koper adalah yang memiliki volume cukup besar seperti sepatu, ikat pinggang dan tas perlengkapan mandi. Setelah itu baru memasukkan kaus kaki, pakaian dalam, obat-obatan dan barang-barang lainnya yang bisa ditekan.
  4. Masukkan Pakaian Lapis Demi Lapis
    Saat memasukkan pakaian, sebaiknya Anda membaginya dalam beberapa lapisan. Pada lapisan pertama, masukkanlah celana dan rok yang sudah dilipat rapi. Tutup lapisan pertama dengan kertas krep tanpa warna. Hal ini untuk menjaga agar pakaian tidak mudah kusut saat berada di dalam koper. Lapisan kedua, masukkanlah jaket, cardigan atau jumper. Barulah pada lapisan ketiga Anda memasukkan gaun, blouse atau kaus. Jangan lupa untuk melapisi tiap lapisan dengan kertas krep.
  5. Ikat
    Setelah semuanya siap, ikatlah barang-barang tersebut dengan tali pengikat yang ada di dalam koper. Hal ini berguna untuk menjaga barang-barang Anda tetap dalam tempatnya.
  6. Jangan Membawa Benda Tajam
    Jika bepergian dengan pesawat, pastikan Anda tidak memasukkan barang-barang yang dilarang seperti benda tajam, cairan kimia, bahan yang mudah terbakar dan sebagainya. Anda tentunya tidak ingin perjalanan terhambat karena membawa barang-barang terlarang.
Liburan Anda akan lebih nyaman dengan barang bawaan secukupnya untuk itu jangan lupa memperhatikan tips packing praktis saat liburan.