10 Cara Serius dan Santai untuk Turunkan Berat Badan

berat badan ideal

Merasa berat badan Anda kurang ideal? Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan Anda agar terlihat ideal, mulai dari yang serius seperti latihan di gym hingga yang santai seperti mengurangi makan karbohidrat tanpa berolahraga. Berikut 5 cara serius dan 5 cara santai menurunkan berat badan.

5 cara serius yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut :
  1. Tetap Aktif
    Agar berat badan turun, seseorang harus banyak bergerak. Banyak beraktivitas mulai dari menyuci mobil, menyetrika pakaian, menari, olahraga, jalan kaki hingga berkebun bisa menjadi opsi. Ditunjang dengan mengurangi porsi sekali makan juga akan memperbaiki metabolisme tubuh.
  2. Jaga Asupan Makan
    Sekeras apapun Anda berolahraga jika dijalani sambil makan junk food juga percuma. Perlu diingat, asupan kalori dan karbohidrat akan menentukan keberhasilan diet seseorang. Konsultasikan dengan ahli gizi.
  3. Latihan Kardio
    Latihan Kardio seperti berlari, jalan kaki, berenang hingga bersepeda akan mempercepat pembakaran kalori dari dalam. Jantung yang terpacu selama melakukannya juga akan membuat tubuh lebih sehat.
  4. Angkat Beban
    Sering diabaikan karena dianggap bisa membuat wanita terlihat kekar. Latihan kekuatan dengan angkat beban justru salah satu cara tercepat membakar lemak dan menguatkan otot.
  5. Makan Sehat
    Bosan menghitung kalori yang masuk? Makanlah makanan sehat sehingga tak perlu pusing menghitung kalorinya. Buah-buahan hingga gandum bisa jadi opsi sehat.
menurunkan-berat-badan

Dan 5 cara santai yang bisa diterapkan untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh langsing ideal adalah :
  1. Minum Air
    Terdengar sederhana, namun menambah konsumsi air putih akan membuat rasa kenyang. Ia juga membantu tubuh terhidrasi dan membersihkan saluran pencernaan.
  2. Tidak Stres
    Stres akan memicu hormon yang membuat berat badan naik dan nafsu makan makanan manis dan berlemak. Luangkan waktu santai menikmati udara terbuka seperti jalan-jalan, menari hingga ikut kelas aerobik bersama teman-teman.
  3. Olahraga Sebentar Saja
    Terkesan ringan bukan? Namun jangan salah, maksudnya adalah berolahraga lebih sebentar dengan intensitas tinggi. Kurangi jeda antar latihan dan rasakan tubuh mencapai titik maksimal saat berolahraga.
  4. Tidur
    Ingin turun berat badan tapi disuruh tidur? Ya, kunci menurunkan atau menaikkan berat badan menjadi ideal terletak pada istirahat yang cukup. Orang yang kurang tidur cenderung makan banyak dan metabolisme untuk membakar lemak jadi melambat.
  5. Nikmati Makanan
    Saat diet, seseorang akan berusaha untuk melewati jam makan, seperti tidak sarapan atau makan malam. Hal ini kurang baik, karena akan menimbulkan stres. Makan dan nikmatilah namun jangan kelewat batas.  
Tidak sulit kan untuk menurunkan berat badan? Dengan 10 cara serius dan santai diatas, Anda bisa mendapatkan badan langsing ideal. Selamat mencoba :)