5 Langkah Mudah Menyusun Jadwal Perjalanan Liburan

Jika Anda punya rencana berlibur jangan lupa untuk menyusun jadwal perjalanan liburan Anda agar selama liburan Anda tidak harus membuang waktu karena tidak tahu kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan saat berlibur.

menyusun-jadwal-perjalanan-liburan

Menyiapkan rencana perjalanan atau itinerary tak kalah pentingnya dengan menentukan tanggal dan lokasi liburan. Perencanaan jadwal yang matang bisa membantu Anda menghemat waktu dan uang, yang tentu saja membuat Anda dan keluarga bebas stres selama liburan.

Menulis jadwal perjalanan mungkin akan memerlukan sedikit usaha untuk berpikir, tapi akan membuat Anda menikmati liburan secara maksimal. Berikut ini langkah-langkah menyusun jadwal perjalanan liburan :  
  1. Transportasi
    Anda harus memperhitungkan transportasi yang akan digunakan. Misalnya, jika liburan dengan pesawat terbang, masukkan hari dan waktu penerbangan ke dalam itinerary. Tulis berapa lama waktu yang diperlukan dari dan ke tempat tujuan, check-in bagasi dan perjalanan dari bandara ke tempat penginapan. Kapan waktu kedatangan, siang atau malam? Tentukan juga apakah Anda akan beristirahat dulu sesampainya di hotel atau cukup menaruh koper dan langsung berwisata? Berapa lama waktu istirahat? 
  2. Acara Spesial
    Banyak orang merencanakan liburan ke tempat dan dalam waktu tertentu karena ingin mengikuti atau melihat acara khusus, misalnya pesta adat atau perayaan. Jika salah satu tujuan Anda adalah menikmati momen tersebut, tulislah kapan acara berlangsung; kapan dimulai dan kapan berakhir, di mana lokasinya. Jangan lupa mencari tahu bagaimana menuju ke sana, dan apa yang bisa Anda lakukan untuk berpartisipasi. 
  3. Faktor "Jika"
    Pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan tak terduga. Yang terdapat dalam faktor ini adalah aktivitas tambahan yang bisa dilakukan jika ada sisa waktu kosong dari jadwal perjalanan, atau uang lebih untuk digunakan. 
  4. Anggaran Biaya Liburan
    Tidak setiap orang memasukkan biaya liburan dalam itinerary, tapi sebenarnya penting dilakukan. Anda bisa selalu memeriksa dan mengatur berapa banyak uang yang diperbolehkan untuk dikeluarkan selama liburan. Cara ini berguna untuk menyisihkan banyak uang dan terhindarkan dari over-budget. Biaya apa saja yang harus ditulis? Mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, termasuk transportasi lokal, uang bensin (jika menggunakan kendaraan pribadi), makan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir. Panduan tips liburan hemat juga bisa berguna untuk mengatur budget liburan keluarga Anda.
  5. Buat Timeline
    Timeline adalah informasi terkini dari perjalanan Anda selama menikmati liburan. Ada banyak cara untuk membuat timeline, salah satunya dengan menggunakan Smartphone. Ponsel pintar bisa Anda gunakan untuk menambahkan informasi harian, waktu dan alarm ke kalender. Anda juga bisa memasukkan info seputar pengeluaran uang, nomor telepon travel, tempat mana saja yang sudah/belum dikunjungi, dan sebagainya.
Liburan Anda bersama keluarga akan lebih menyenangkan apabila Anda sudah lebih dulu menyusun jadwal perjalanan liburan. Selamat berlibur.